Skip to main content

Tidak Bisa Berhenti Langganan XL Prioritas Hanya Karena Hal Ini

stop langganan xl prioritas


Pembukaan dulu,

Halo pembaca yang budiman,

Hari ini saya ingin menceritakan kendala saya dalam menghentikan langganan paketan XL Prioritas.

Jadi ceritanya awal mula saya menggunakan XL Prioritas itu sejak jaman kuliah mungkin 2019, yaitu karena lupa tidak pernah isi pulsa akhirnya kartu hangus dan saya urus ke XL Center dan entah kenapa dulu disuruh kalo mau aktif lagi harus jadi XL Prio atau gimana lupa intinya saya akhirnya aktifkan lagi kartu xl saya dan skrg jadi XL Prio, begitu.

Sebelum ke pembahasan perkenankan saya menceritakan terlebih dulu mengapa saya ingin menghentikan langganan XL Prioritas ini. Jadi sekitar bulan Juni 2020 saya beli hape baru dan menggunakan XL Prioritas saya di hape Sony XZ1. Itulah awal mula XL prio saya jadi aneh, Mulai dari jaringannya yang sulit ditemukan, kemudian Data seluler juga sulit menyala. Padahal hape saya jika digunakan menggunakan kartu XL yang prabayar atau kartu lain itu sangat lancar dan tanpa kendala. Nah mulai berpikiran bahwa memang jaringan XL Prioritas itu berbeda dan apesnya di hape saya agak susah.

Memang klaim dari pihak CS itu XL prioritas punya jaringan lebih kenceng dan stabil, ya itu memang benar karena sebelum ganti hape lancar saja. Tapi sayangnya untuk hape baru saya ini justru menunjukkan sebaliknya. Hape kan mahal ya, daripada menyesal beli hape, maka saya melihat masalahnya ada di kartu saya saja. Itulah awal mula saya tidak ingin melanjutkan langganan XL Prio ini lagi.

Latar Belakang ingin Stop XL Prio

Oke sebenernya itu tadi baru awal mula ngerasain kendala, tapi okelah masih bisa dicoba pake refresh jaringan (on mode pesawat trus off lagi) sampe jaringan bisa ketemu. Jadi masih agak bisa digunakan lah.

Tapi. ada hal lain yang ternyata membuat saya merasa terkendala lagi dengan penggunaan XL Prio. Yaitu setelah saya menikah, mulai dah tuh banyak sekali pengeluaran dan banyak juga kebutuhan yang tiba tiba muncul. Mulailah melirik pengeluaran XL Prio yang terasa membebani.

Seketika mulai terasa kalau XL Prio ini cukup nyedot juga ya. Tiap bulan musti setor sampe lumayan. Padahal dengan nominal sama saya bisa dapat paket kuota yang lebih besar (kalau pake prabayar) atau bahkan unlimited (provider sebelah). Ya karena itulah maka saya berkeinginan untuk stop sajalah langganan ini.

Syarat Berhenti XL Prioritas

Setelah saya memantapkan hati akhirnya saya bulatkan tekad untuk menghentikan langganan ini. Saya mulai deh memigrasikan berbagai akun yang masih terkait dengan nomor ini. Ini cukup ribet.

Mulai dari ke Bank, trus urus e-mail, aplikasi, dll.

Hingga dirasa sudah cukup, mulailah untuk menggali informasi tentang cara menghentikan XL Prioritas ini.

Ternyata XLPrioritas tidak semudah xl prabayar. kalo prabayar ingin dinonaktifkan kan ya tinggal tidak usah di isi pulsa nanti juga nonaktif sendiri tanpa perlu ada biaya biaya lagi.

Kalau XL prioritas ini harus dinonaktifkan dengan melakukan tata cara penonaktifan. karena kalo cuma didiemin itu dia tetep bakalan keluar tagihan terus sampe bisa bisa uang depositnya abis atau bahkan bisa nambah bayarnya.

Wah jadi serem kan akhirnya saya mencari tau cara penonaktifan XL Prio.

Ternyata cukup simpel.

Yaitu tinggal datang saja ke XL Center.

dan membawa persyaratannya.

Begini Syarat yang perlu dibawa untuk berhenti XL Prioritas

  1. KTP asli
  2. Buku Rekening
  3. Kartu Fisik yang akan dihentikan

Nah setelah saya ke XL Center untuk pertama kali, saya dapat informasi begini

Untuk menghentikan layanan XL Prioritas, maka tagihannya harus sudah lunas dulu sampai hari itu juga. Harus Cash.

Nah pikir pikir juga tuh, karena tanggalnya ga pas sama tanggal mulai perhitungan penagihan jadi dihitungnya harian. Akhirnya saya berpikir wah mending nanti datang lagi pas udah waktunya tagihan aja biar nanti pas bayarnya.

Akhirnya saya datang ke XL Center ketika setelah tanggal penagihan (tanggal belasan)

Dengan berbekal semua persyaratan tersebut saya mulai deh untuk menonaktifkan. Setelah antri cukup lama. Saatnya giliran saya.

Dan ditolak.

Ternyata karena KTP saya berlubang, iyalah kan saya abis pindah domisili.

Dan hanya karena itu saja saya tidak bisa melanjutkan untuk penghentian Langganan ini.

Akhirnya saya urus ktp

Setelah saya dapat antrean untuk pengambilan KTP, karena KTP tidak langsung jadi hari itu juga yaitu butuh 14 hari. Akhirnya saya berbekal kertas pengambilan KTP mencoba kesana. dan menjelaskan kalau KTP sedang diproses. Pakai ini bisa kan? kan ada NIK nya, orangnya juga pasti saya. ada SIM ada apa semua saya siap. KK juga ada. sekedar verifikasi orang kan saya siap. Uang untuk penonaktifan juga sudah disiapkan.

Dan ditolak lagi.

Lagi lagi alasannya karena tidak ada KTP asli

Saya merasa kecewa ya setelah antri lama ternyata harus zonk karena aturan ini. Waw. Sebenernya syarat administratif seperti ini menyulitkan. Tapi karena menurut CS tidak bisa membantu karena sudah menjadi kebijakan dari perusahaan. Ya sudah. dengan berat hati saya relakan uang depositnya habis, sama katanya bakal ada biaya tambahan kalo depositnya kurang. Waduh.

Akhirnya tidak bisa saya urus

Ya itulah yang akhirnya terjadi. akhirnya saya biarkan saja dan tidak saya pakai.
Cukup mengecewakan.
Semoga saja tidak perlu ada tambahan bayar bayar lagi. Karena saya saja sudah tidak pakai ini cukup lama.

Comments